Berita

Hikmah Ramadhan Meningkatkan Kesalehan Sosial

Kamis, 14 Maret 2024 13:59 WIB
  • Share this on:

Kamis, 14 Maret 2024. Bulan Ramadhan sebagai bulan suci bagi umat muslim memberikan banyak hikmah dan dampak positif bagi kehidupan individu dan juga hubungan antar individu di masyarakat.

Di Bulan Ramadhan umat muslim berlomba-lomba meningkatkan ibadah, sedekah dan juga berbagai kegiatan positif lainnya.

"Bulan Ramadhan memberikan banyak berkah dan hikmah, salah satunya meningkatkan kesalehan sosial" ungkap H Suardi dalam pengajian rutin di Mushola Al Ikhlas.

Pengajian rutin setiap ba'da Sholat Dhuhur selama Bulan Suci Ramadhan di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur.

H Suardi, Kasubag TU sekaligus penceramah menyampaikan bahwa selama bulan suci Ramadhan banyak sekali ibadah dan kebiasaan baik yang ramai dilaksanakan bahkan tanpa diminta. Terlebih lagi suasana Ramadhan ini tidak hanya dirasakan oleh umat muslim namun juga pemeluk agama lainnya.

"Terdapat hubungan yang signifikan antara kesalehan ritual dengan kesalehan sosial di Indonesia" ungkap beliau.

Kesalehan sosial adalah suatu kepatuhan atau ketaatan seseorang di dalam menjalankan ibadah di dalam agamanya masing-masing yang dicerminkan atau diaplikasikan dalam sikap hidupnya sehari-hari.

"Selama Ramadhan hikmah yang bisa diambil adalah terlatihnya kepekaan sosial (sosial sense) dengan menjalankan ibadah puasa maka dapat ikut merasakan bagaimana rasa lapar ketika saudara-saudara kita tidak memiliki makanan. Ramadhan juga melatih kita untuk disiplin karena ada telah ditentukan waktu untuk makan dan minum dan beribadah. Kemudian Ramadhan mempererat silaturahim di dalam masyarakat" ungkap H Suardi.

Pengajian rutin setiap ba'da Sholat Dhuhur akan dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan untuk mengisi waktu istirahat ASN di lingkup Kemenag Lotim.

Editor:
LEILA RAHMA SAFITRI S.I.Kom.