Berita

Nuansa Komunikasi dan Koordinasi Antar Lembaga Dalam Safari Ramadhan Lombok Timur

Selasa, 26 Maret 2024 22:07 WIB
  • Share this on:

Selasa, 26 Maret 2024. Safari Ramadhan menjadi agenda rutin Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi NTB untuk menambah semarak Bulan Suci di seluruh Kemenag kota/kabupaten di seluruh Provinsi NTB.

Malam ini Safari Ramadhan digelar di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Ratusan ASN, PPPK, dan juga penyuluh non PNS hadir di Mushola Al Ikhlas Kemenag Lotim.

Safari Ramadhan ini juga mengundang puluhan penerima santunan anak yatim

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, H Zamroni Aziz nampak bersemangat melihat antusias seluruh undangan yang hadir.

H Shulhi, Plt. Kepala Kantor Kementerian  Agama Kabupaten Lombok Timur bersama jajarannya menyambut Kakanwil dan seluruh undangan yang hadir.

Terlihat beberapa pimpinan lembaga anggota Forkompinda ikut duduk di deretan undangan terdepan bersama Penjabat Bupati Lombok Timur, H M Juaini Taofik dan juga Kapolres Lombok Timur yang baru menjabat, AKBP Hariyanto, S.H., S.I.K.

Safari Ramadhan digelar usai pelaksanaan sholat Isya dan Tarawih berjamaah.

H Zamroni Aziz mengapresiasi kehadiran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam Safari Ramadhan di Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur.

“Hal ini menandakan terjalinnya komunikasi yang baik antara Kementerian Agama dengan Pemerintah Daerah dan Instansi lainnya. Karena memang Kementerian Agama tidak bisa berdiri sendiri” ungkap Kakanwil Kemenag Provinsi NTB.

Sebelumnya Pj. Bupati Lombok Timur dalam testimoninya juga menyampaikan pentingnya koordinasi Pemda dengan Kementerian Agama terutama berkaitan dengan penurunan angka stunting di Lombok Timur.

“Kementerian Agama mempunyai porsi besar dalam penurunan angka stunting melalui pencegahan pernikahan dini karena 36 persen penyebab stunting adalah pernikahan dibawah umur” ungkap HM Juaini Taofik.

Terkait komunikasi antar lembaga, Kapolres Lombok Timur juga berharap kerukunan umat dan Kamtibmas di Lombok Timur tetap terjaga.

“Selama ini saya bertugas di wilayah konflik dan ketika tiba di Lombok Timur saya merasakan suasana Kamtibmas yang kondusif, aman dan nyaman. Kerukunan umat ini wajib kita jaga dan pertahankan bersama seluruh anggota Forkompimda” ujar AKBP Hariyanto.

Menyambung hal itu Kakanwil Kemenag NTB juga menyampaikan bahwa ASB Kementerian Agama wajib menjaga kerukuran umat.

“ASN Kementerian Agama pasti dianggap sebagai tokoh agama di wilayahnya, tidak memandang berangkat dari organisasi apa, ketika terjun di masyarakat harus bisa bersikap netral dan mengedepankan Ukhuwah Islamiyah” ungkapnya.

ASN Kementerian Agama melalui tupoksinya masing-masing wajib menjaga stabilitas kerukunan umat.

Editor:
LEILA RAHMA SAFITRI S.I.Kom.