Berita

Tim Robotic MTsN 1 Lombok Timur Raih Best Accuration Soccer IoT Junior di Jakarta

Senin, 20 Maret 2023 07:38 WIB
  • Share this on:

MTsN 1 Lombok Timur kembali meramaikan lomba robotic tingkat nasional “Borobudur University Robotic Competition” di Universitas Borobudur Jakarta. Anggota Tim Bima Sakti yang terdiri dari 2 siswa MTs N 1 Lombok Timur bernama M. Fachrial Adriansyah dan M. Ghazi Gossan Ghozali bertanding pada 2 cabang Sumo IoT 500 gram dan Soccer IoT Junior.

Perlombaan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Borobudur ini diikuti oleh jenjang SD/SMP untuk tingkat junior dan SMA/SMK untuk tingkat senior.

Pada event yang digelar tanggal 10-12 Maret 2023 ini Tim Bimasakti MTsN 1 Lombok Timur berhasil mendapatkan gelar juara Best Accuration pada cabang Soccer IoT Junior. 

Sebelumnya, tim Bima Sakti melakoni pertandingan pada cabang Sumo IoT 500 Gram pada tanggal 10 Maret 2023. Namun , tim ini harus tersingkir di babak penyisihan karena kalah selisih poin dengan lawan satu grupnya. Hasil yang didapat tidak lantas membuat tim asuhan Intan Rolystiana Devi ini menyerah dan berusaha untuk memaksimalkan satu peluang tersisa pada cabang Soccer IoT Junior esok hari.

Pada hari berikutnya, tim Bima Sakti kembali berlaga di cabang Soccer IoT Junior dan berhasil menjadi juara grup setelah melakoni 3 pertandingan penyisihan dengan hasil 2 kali menang dan 1 kali imbang.

Torehan tersebut membawa satu-satunya tim dari NTB ini berhasil lolos ke babak 16 besar. 

Pada babak 16 besar, tim ini harus melawan tim dari MTs N 4 Jakarta untuk memperebutkan tiket ke perempat final. Menjalankan perannya dengan baik sebagai striker dan defender, kedua siswa MTs N 1 Lombok Timur berhasil mengalahkan tim lawan dengan skor 1-0 dan berhak melaju ke babak perempat final (8 besar).
 
Namun, sayangnya di babak 8 besar tim Bima Sakti harus mengakui keunggulan agregat gol lawan dan finish di peringkat 5. Walaupun harus finish di peringkat 5 dari total 30 tim yang bertanding di Soccer IoT Junior, Pembina tim robotic MTs N 1 Lombok Timur yaitu Intan Rolystiana Devi mengungkapkan bahwa hasil ini sudah melampaui batas target yang ia tentukan. Intan juga menekankan jika robot yang dipertandingkan di lapangan memang sengaja tidak diatur memiliki kecepatan tinggi, namun lebih memilih bermain akurat (tepat sasaran) agar saat menggiring bola dan melakukan manuver tidak lari kemana-mana.

Saat pengumuman berlangsung, ketua dewan juri mengumumkan bahwa tim Bima Sakti mendapatkan gelar juara Best Accuration Soccer IoT Junior. Hal ini didasari oleh ketepatan robot saat menggiring bola. Alasan lain yang lebih kuat ditambahkan oleh ketua dewan juri bahwa ternyata para juri memilih MTs N 1 Lombok Timur sebagai juara Best Accuration karena robot soccer yang dimiliki oleh madrasah ini adalah satu-satunya robot yang mampu bergerak sesuai arah tanpa miring. Hal lainnya juga disebutkan bahwa robot dari madrasah ini menjadi satu-satunya robot yang bisa menahan bola sehingga bola bisa dibawa ke gawang lawan secara akurat dan tidak mudah terlepas karena sudah ditahan dengan holder ball (penahan bola).

Lalu Sundana, B.Ed, selaku Kepala Madrasah MTsN 1 Lombok Timur mengucapkan terima kasih atas prestasi yang diukir oleh Tim Bimasakti.

“Prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras tim robotic MTs N 1 Lombok Timur untuk menghasilkan yang terbaik” ungkapnya.

Beliau menambahkan bahwa anak-anak terbaik dari MTsN 1 Lombok Timur telah membawa nama baik madrasah, Kabupaten Lombok Timur dan tentunya Provinsi Nusa Tenggara Barat di tingkat nasional.
Dan Kepala MTsN 1 Lombok Timur juga berharap tim Bima Sakti ini juga tahun ini dapat mengikiti MRC ( Madrasah Robotic Competations ) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama.

Editor:
LEILA RAHMA SAFITRI S.I.Kom.
Kontributor:
Humas MTsN 1 Lombok Timur
Penulis:
Humas MTsN 1 Lombok Timur
Fotografer:
Humas MTsN 1 Lombok Timur